Ticker

6/recent/ticker-posts

Rancangan yang Selalu Gagal

Bulan April datang, bahkan sudah menuju ke 7 hari di bulan ini. Berharap, bulan ini saya lebih baik lagi. Amin. Kemudian, saat harapan itu datang, seharusnya saya juga menyiapakan diri untuk segera mencapai harapan itu. Namun... ada kendala? Banyak memang kendala dalam hidup ini. Memang, hidup itu harus begitu. Banyak kendala, berarti tanda agar saya menyiapkan diri sebaik mungkin agar kendala itu tidak hadir lagi.

 

Saat ini, saya cukup tenang. Sebab, tugas saya sebagai guru sudah selesai yaitu memberikan penilaian praktikum kepada siswa saya. Untuk praktikum kali ini saya memberikan siswa saya dengan sangat gampang. Gampang menurtu saya, namun bagi siswa saya ini sedikit terganggu. Kenapa? Karena situasi siswa saya masih terkendala dengan ekonomi. Memang praktikum apa, ya?

  • Pertama, saya memberikan siswa saya 4 pertanyaan di fanspage sekolah. 4 pertanyaan itu harus mereka jawab dengan akun facebook mereka masing-masing. Namun, nyatanya, siswa saya masih terkendala karena sebagian besar mereka belum memiliki HP, bahkan belum mengerti tentang facebook. Hingga pada akhirnya, saya membiarkan mereka untuk menjawab menggunakan akun teman-temannya.
  • Kedua, membuat video. Istilahnya ngevlog. Ini juga masih standar. Kalau hal ini, hanya beberapa siswa yang tidak ikut. Mungkin dikarenakan mereka masih tidak percaya say hello di depan kamera. Saya memaklumi. Sebab, saya juga termasuk tipe demikian. Namun nyatanya, sebagai siswa, harus melakukan hal itu. Setidaknya, mereka hanya sekedar muncul saja di depan kamera sudah cukup.

Demikian, yang saya lakukan minggu ini. Dan tadi pagi, saya sudah menempelkan mereka nilai di mading sekolah. Ada beberapa siswa yang tidak saya luluskan. Itu murni karena dua hal yang saya tugaskan tidak dikerjakan. Atau, hanya sebagian yan dikerjakan, bahkan parahnya, ada yang tidak masuk. Wajar, kan, saya berikan nilai tersebut?

Oke, lupakan sedikit tentang di atas. Saatnya saya membahas tentang judul postingan ini. Ya... supaya sedikit nyambung begitu. Hmm... sebenarnya, uraian di atas tentang praktikum siswa juga termasuk rancangan saya, dan alhamdulillah itu bisa terwujud juga. Namun, ada hal lain yang saya rancang namun selalu gagal. Apa saja itu?

Buat Blog untuk Daftar Google Adsense

Ya, ini sudah saya lakukan. Namun, selalu gagal karena beberapa blog yang saya buat nyatanya saya abaikan begitu saja. Ini sebenarnya membuat saya sedikit ambisi namun hasilnya nol. Karena hal ini, blog saya ini jadi terabaikan. Makanya, 2 bulan ini, blog saya ini minim sekali postingannya. Bukan seperti awal saya ngeblog. Miris, ya? Tapi sudahlah, sepertinya ini akan jadi pembelajaran bagi saya. Untuk daftar Google Adsense memang susah kalau menggunakan blogspot. Banyak hal yang harus dipenuhi, beda dengan blog yang memiliki domain.

Beli Domain untuk Mempercepat Keterima Google Adsense

Ini juga termasuk rancangan saya. Namun, setelah saya pikir-pikir ini lebih rumit. Sebab, ketika saya beli domain, saya harus transfer uang. Saat transfer uang inilah letak susahnya. Harus keluar rumah untuk transfer ke tetangga. Saat transfer, harus bayar juga. Maklum, saya tidak punya rekening dan ATM-nya. Jadi, ini sedikit ribet. Dan akhirnya, saya memutuskan untuk menggunakan blogspot saja. Selain itu, saya juga takut pengunjung saya berkurang gara-gara ganti domain. Takutnya lagi, saya tidak bisa bayar juga untuk tahun berikutnya. Maklum, gaji tidak seberapa. Menjadi guru honorer tidak menjamin untuk beli domain. Tiap gajian, uang langsung habis untuk bayar hutang.

Jualan dan Berkreasi

Akhir-akhir ini juga saya sering buka youtube untuk melihat jajanan yang laris manis. Rencana, saya mau jualan di tempat kakak ngajar. Sekolah Dasar. Rencana ini sempat saya lakukan yaitu membeli wadah untuk membuat es krim dengan bahan-bahan terjangkau. Namun sayang, karena wadah yang saya beli hanya mampu 4 buah, akhirnya memutuskan untuk tidak jadi buat. Kenapa? Ya... wadahnya saja sedikit, nanti rugi kalau di masukkan ke kulkas. Kan buat es atau lainnya? Iya, itu juga saya rencanakan, namun pembungkus plastik es yang saya cari sulit untuk ditemukan. Akhirnya gagal.

Selain itu, saya juga sering buka youtube untuk melihat kreasi-kreasi dari barang bekas. Rencananya saya mau buat beberapa. Foto yang ada di postingan ini juga termasuk rancangan saya untuk proses pembuatan kreasi-kreasi yang sudah saya lihat di youtube. Posisi meja belajar yang nyaman setidaknya mampu meningkatkan mood. Namun nyatanya, sampai hari ini saya belum bertindak. Sepertinya akan gagal. Huah!

Dan... apalagi, ya? Sepertinya cukup saja. Saya tidak mau menguraikan semua rancangan saya namun selalu gagal. Takutnya, saya nanti dicap sebagi tukang gagal. Eh, emang begitu sih. Hehe. Pada dasarnya, memiliki rancangan itu bagus. Namun, saat itulah harus ditumbuhkan niat yang memang benar-benar bulat. Jadi, bukan hanya sekedar rancangan saja. Bukan begitu?

Sebagai teman, saya hanya mengingatkan saja. Jangan ikuti saya. Kalian boleh merancang apa pun itu. Asal, mulailah untuk bertindak. Setidaknya, dari rancangan kalian itu, ada 1 atau beberapa bisa terwujud. Oke? Baiklah, saya tutup. Sampai jumpa dipostingan berikutnya. Jangan pernah bosan untuk mampir di blog sederhana saya ini, ya.
Reactions

Post a Comment

0 Comments